kreasi saya

kreasi saya

Sabtu, 17 November 2012

Botani Umum


Bayam
Herbal satu ini paling sering dibuat masakan di Indonesia. Bayam, tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp (dalam bahasa Yunani, amaranth berarti abadi) pada mulanya dikenal sebagai tanaman hias. Tanaman dari keluarga Amaranthaceae ini memiliki sekitar 60 genus yang terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam. Namun, dari sekian banyak jenis itu, bayam dibedakan atas dua macam, yaitu bayam liar dan bayam budi daya.
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Ditingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung.
Sayur kesukaan Popeye, tokoh kartun pelaut ini memang enak disayur bening. Selain menghilangkan lesu, bayam yang dibuat jus bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit pencernaan, salah satunya tukak lambung. Kandungan gizi bayam demikian banyak. Menurut Dr. Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam terkandung tenaga sebesar 21,0 Kcal, air 92,9 gr, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 2,7 gr, serabut 0,7 gr, abu 1,4 gr, kalsium 90,0 mg, fosfor 29,0 mg, besi 3,8 mg, natrium 131,0 mg, kalium 385,0 mg, betakaroten 4080,0 ug, vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,15 mg, niacin 0,7 mg, dan vitamin C 76,7 mg. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi inilah, bayam sering disebut sebagai 'King of Vegetables' atau 'Raja Sayuran'.
Umbi Kentang
Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.
Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini pada abad XVI. Dengan cepat menu baru ini tersebar di seluruh bagian Eropa. Dalam sejarah migrasi orang Eropa ke Amerika, tanaman ini pernah menjadi pemicu utama perpindahan bangsa Irlandia ke Amerika pada abad ke-19, di kala terjadi wabah penyakit umbi di daratan Irlandia yang diakibatkan oleh jenis jamur yang disebut ergot.
Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi. Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain gandum, jagung, beras, dan terigu. Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi, yang merupakan sumber karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi.
Menurut Prof Dr H Arjatmo Tjokronegoro, MPH, di dalam 100 gram kentang terkandung energi 83,00 kalori, protein 2,00 gr, lemak 0,10 gr, karbohidrat 19,10 gr, kalsium 11,00 mg, fosfor 56,00 gr, serat 0,30 gr, besi 0,70 mg, vitamin B1 0,09 mg, vitamin B2 0,03 mg, vitamin C 16,00 mg, niacin 1,40 mg, dan lain-lain.
 Bunga Pukul Empat
Bunga ashar dikenal juga sebagai kembang pukul empat atau Four o’clock plant yang dalam bahasa latin disebut Mirabilis jalapa. Meskipun bunga ashar atau kembang pukul empat bukan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari Meksiko, namun bunga ashar ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung. Dinamakan bunga ashar atau asar dan kembang pukul empat lantaran kebiasaan bunga ini yang mekar pada sore hari sekitar pukul empat sehingga pada jaman dulu masyarakat Lampung menggunakannya sebagai pertanda masuknya waktu sholat Ashar. Karena itu bunga ashar atau kembang pukul empat sering ditanam dipekarangan atau di depan surau.
Tumbuhan hias ini sering disebut juga sebagai kederat, segerat, tegerat (Jawa), noja (Bali), pukul ampa (Minahasa), bunga tete apa, bunga-bunga parangghi (Makasar), bunga-bunga parengki (Bugis), lore laka (Timor), kupa oras (Ambon), Cako rana (Ternate), kembang asar (Lampung), kembang pagi sore, kempang pukul empat, bunga waktu kecil (Melayu).
Sebagai tanaman obat, kandungan kimia bunga pukul empat adalah sebagai berikut, akar mengandung betaxanthins; buah mengandung zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), zat asam minyak (46,9%). Akar, daun dan buah dapat dipakai untuk pengobatan luar. Daun Mirabilis jalapa yang berkhasiat sebagai obat bisul dan akarnya yang dapat digunakan untuk mengobati sembelit dan bengkak. Manfaat lain adalah bijinya yang dapat dijadikan bedak setelah menambahkannya dengan bahan-bahan lain.

Umbi Ketela Rambat
Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Oleh sebab itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apa pun sehingga lebih aman daripada mengonsumsi suplemen pembangun otot.
Ketela rambat atau ubi jalar atau sebutan populer jawanya telo, merupakan salah satu makanan yang khas. Umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
Zat gizi pada ubi jalar banyak mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Dalam 100 gr ubi jalar terdapat 76 kalori yang terdiri dari karbohidrat 17,6 g, protein, 1,57 g, lemak, 0,05 g, serat 3 g, kalsium 30 mg, zat besi 0,61 mg, magnesium 25 mg, seng 0,30 mg, selenium 0,6 mcg, kalium 337 mg, Vitamin C 22,7 mg Vit E, B-6 dan K serta tidak mengandung kolesterol.
 Begonia
Spesies utama yang termasuk genre dengan akar berbonggol, sehingga kita dapat membaginya:
  • Begonia clarkei : Spesies ini menemukan aslinya di Amerika Selatan, memiliki bunga merah muda yang mekar di musim panas
  • Begonia pearcei : Spesies ini asli Amerika Selatan, juga memiliki bunga-bunga indah yang mekar di musim panas
  • Begonia socotrana : Spesies ini adalah karakteristik dari pulau Socotra di Samudera Hindia, di mana ia berasal asalnya, tidak banyak dibudidayakan, namun telah sangat berguna untuk membuat banyak musim dingin berbunga hibrida.Ini memiliki bunga yang sangat besar yang mekar, pada kenyataannya, selama musim dingin
  • Begonia Evansiana : memiliki yang asli di Asia Timur. Berbunga adalah dari bulan Juni sampai Oktober, bunga-bunga kecil dan rosa.
Begonia  mudah ditemukan di hutan hujan tropis. Di lingkungan perumahan, tanaman ini dipelihara karena memiliki daun yang menawan.  Begonia memiliki daun lebar, bertekstur, dan berbulu. Warna dan motifnya  beragam. Begonia polkadot misalnya, berdaun lebar, berwarna hijau di permukaan dan kemerahan di bagian bawah daunnya. Tampilannya manis dengan motif bulat (dot).
Begonia berkhasiat sebagai penurun panas, pembersih darah, dan penekan batuk. Sebagai obat turun panas, seluruh bagian tanaman Begonia dalam keadaan segar sebanyak 30 gram, dicuci, direbus dengan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya, saring dan setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan sehari 2-3 kali.

Umbi Ketela Pohon
Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, dalam bahasa Inggris bernama cassava, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.
Ketela pohon merupakan tanaman pangan berupa perdu dengan nama lain ubi kayu, singkong atau kasape. Ketela pohon berasal dari benua Amerika, tepatnya dari negara Brazil. Penyebarannya hampir ke seluruh dunia, antara lain: Afrika, Madagaskar, India, Tiongkok. Ketela pohon berkembang di negara-negara yang terkenal wilayah pertaniannya dan masuk ke Indonesia pada tahun 1852.
Di Indonesia, ketela pohon menjadi makanan bahan pangan pokok setelah beras dan jagung. Manfaat daun ketela pohon sebagai bahan sayuran memiliki protein cukup tinggi, atau untuk keperluan yang lain seperti bahan obat-obatan.
Tanah yang paling sesuai untuk ketela pohon adalah tanah yang berstruktur remah, gembur, tidak terlalu liat dan tidak terlalu poros serta kaya bahan organik. Tanah dengan struktur remah mempunyai tata udara yang baik, unsur hara lebih mudah tersedia dan mudah diolah. Untuk pertumbuhan tanaman ketela pohon yang lebih baik, tanah harus subur dan kaya bahan organik baik unsur makro maupun mikronya.
Ketela pohon merupakan komoditi perdagangan yang potensial. Negara-negara sentra ketela pohon adalah Thailand dan Suriname. Sedangkan sentra utama ketela pohon di Indonesia di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daun yang muda dapat dimakan sebagai lalab.Makanan yang sehat dan sangat disenangi adalah yang dinamai peuyeum atau tape yang dibuat dengan meragi umbi yang sebelumnya telah direbus.
Jagung
Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.
Berdasarkan temuan-temuan genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwa daerah asal jagung adalah Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan). Budidaya jagung telah dilakukan di daerah ini 10.000 tahun yang lalu, lalu teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu. [1] Kajian filogenetik menunjukkan bahwa jagung budidaya (Zea mays ssp. mays) merupakan keturunan langsung dari teosinte (Zea mays ssp. parviglumis).
Dalam proses domestikasinya, yang berlangsung paling tidak 7.000 tahun oleh penduduk asli setempat, masuk gen-gen dari subspesies lain, terutama Zea mays ssp. mexicana. Istilah teosinte sebenarnya digunakan untuk menggambarkan semua spesies dalam genus Zea, kecuali Zea mays ssp. mays. Proses domestikasi menjadikan jagung merupakan satu-satunya spesies tumbuhan yang tidak dapat hidup secara liar di alam. Hingga kini dikenal 50.000 kultivar jagung, baik yang terbentuk secara alami maupun dirakit melalui pemuliaan tanaman.
Produsen jagung terbesar saat ini adalah Amerika Serikat (38,85% dari total produksi dunia), diikuti China 20,97%; Brazil 6,45%; Mexico 3,16%; India 2,34%; Afrika Selatan 1,61%; Ukraina 1,44% dan Canada 1,34%. Sedangkan untuk negara-negara Uni Eropa sebanyak 7,92% dan negara-negara lainnya 14,34%. Total produksi jagung pada tahun 2008/2009 adalah sebesar 791,3 juta MT.
Selain sebagai bahan pangan dan bahan baku pakan, saat ini jagung juga dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Lebih dari itu, saripati jagung dapat diubah menjadi polimer sebagai bahan campuran pengganti fungsi utama plastik. Salah satu perusahaan di Jepang telah mencampur polimer jagung dan plastik menjadi bahan baku casing komputer yang siap dipasarkan.

Padi
               Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.
               Padi pada saat ini tersebar luas di seluruh dunia dan tumbuh di hampir semua bagian dunia yang memiliki cukup air dan suhu udara cukup hangat. Padi menyukai tanah yang lembab dan becek. Sejumlah ahli menduga, padi merupakan hasil evolusi dari tanaman moyang yang hidup di rawa. Pendapat ini berdasar pada adanya tipe padi yang hidup di rawa-rawa (dapat ditemukan di sejumlah tempat di Pulau Kalimantan), kebutuhan padi yang tinggi akan air pada sebagian tahap kehidupannya, dan adanya pembuluh khusus di bagian akar padi yang berfungsi mengalirkan udara (oksigen) ke bagian akar.
Keanekaragaman budidaya :
Ø  Padi gogo, di beberapa daerah tadah hujan orang mengembangkan padi gogo, suatu tipe padi lahan kering yang relatif toleran tanpa penggenangan seperti di sawah.
Ø  Padi rawa, padi rawa atau padi pasang surut tumbuh liar atau dibudidayakan di daerah rawa-rawa.
Keanekaragaman tipe beras/nasi :
v Padi pera, padi pera adalah padi dengan kadar amilosa pada pati lebih dari 20% pada berasnya.
v Ketan, ketan (sticky rice), baik yang putih maupun merah/hitam,  sudah dikenal sejak dulu.
v Padi wangi, padi wangi atau harum (aromatic rice) dikembangkan orang di beberapa tempat di Asia, yang terkenal adalah ras 'Cianjur Pandanwangi' (sekarang telah menjadi kultivar unggul) dan 'rajalele'.
Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.
 Kacang Merah
Beberapa biji yang berbeda disebut sebagai kacang merah, yang kadang-kadang bisa menjadi sedikit membingungkan. Dalam, kacang Barat umum dengan shell alami merah seperti ginjal kacang dan kacang merah Honduras dikenal sebagai "kacang merah" kolektif. Di Asia, kacang Azuki disebut "kacang merah," dan beras merah kacang juga kadang-kadang dikenal sebagai "kacang merah," atau "kacang merah kecil." Semua kacang-kacangan memiliki sifat nutrisi yang sangat mirip, jadi tidak akhir dunia jika mereka menjadi bingung.
Dalam arti biji umum yang secara alami merah, kacang merah berasal dari pohon anggur Dunia Baru yang dipelihara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kacang membentuk bagian penting dari diet penduduk asli Amerika selama berabad-abad, dan sejumlah kultivar dikembangkan di berbagai daerah, salah satu hidangan yang paling populer yang dibuat dengan kacang merah kacang merah dan beras, menjadi favorit di Amerika Selatan, meskipun luas berbagai hidangan lain dapat dibuat dengan kacang merah umum juga.
Di Asia, kacang Azuki jauh lebih mudah tersedia daripada kacang merah Dunia Baru. Kacang Azuki secara luas dimakan di seluruh China dan Jepang, dan mereka siap dalam berbagai cara, mulai dari merah manis pasta kacang yang digunakan untuk mengisi makanan penutup untuk difermentasi pasta kacang merah untuk bumbu. Selain kacang Azuki alami merah, orang juga makan kacang beras merah, yang jauh lebih kecil, namun dipandang sebagai bermanfaat dalam Pengobatan Tradisional Cina.
Kacang berkembang dalam iklim banyak, dengan toko-toko taman yang paling pasokan membawa berbagai kultivar kacang untuk memilih dari. Untuk tumbuh kacang, Anda akan memerlukan tempat cerah dengan tanah baik-dikeringkan dan dukungan beberapa, seperti saham, teralis, atau bahkan jaringan string tegang. Kacang harus dimulai di musim semi, setelah kesempatan terakhir es berakhir. Mereka mungkin dimakan dewasa, pada tahap hijau, atau diizinkan untuk sepenuhnya matang dan kering pada tanaman merambat, kacang polong kering dapat dipetik dan retak terbuka untuk mengekstrak buncis untuk penyimpanan.
Kacang merah, seperti semua kering sayuran , memiliki kandungan protein tertinggi dari semua bahan makanan nabati. Protein nabati ini menawarkan banyak manfaat, termasuk tidak adanya lemak, yang membantu mencegah penyakit jantung dan obesitas. Sangat kaya serat, seperti semua sepupu di kacang / keluarga kacang polong, kacang ginjal memiliki tingkat tinggi zat besi, fosfor magnesium, dan vitamin B9. Tinggi kalium dan rendah sodium, kacang ginjal memiliki sifat diuretik alami.
Di Indonesia, kacang merah kering umumnya dimasak menjadi bubur, sup atau campuran sayur, nasi tim atau es. Kacang merah juga sering dimasak menjadi selai manis yang digunakan sebagai pengisi beberapa kue seperti bakpau, kue bulan, kue moci, kue dorayaki, donat isi, dan lain-lain.

DAFTAR PUSTAKA

http://kembangbungaku.blogspot.com/2009/04/bunga-pukul-empat-mirabilis-jalapa-l.html


Situs diakses pada tanggal : 26, 27, 28 dan 29 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar